Suami = Semua Uang Milik Istri?

Rabu, 26 Desember 20120 komentar

Pengelolaan keuangan rumah tangga hingga kini masih didominasi kaum perempuan. Pengelolaan itu terutama soal pengeluaran rumah tangga, mencakup sasaran dan besarannya.

Menurut Jocelyn Pantastico, pendiri situs perencanaan keuangan wanita LiveOlive, proporsi uang rumah tangga yang dikontrol perempuan lebih dari setengah, bahkan mendekati seluruh uang rumah tangga. Mengutip survei Harvard Bussines Review pada 2008, Jocelyn menjelaskan, 70 persen pengeluaran rumah tangga dikontrol perempuan.

"Di Asia dan Indonesia bisa 80-90 persen," kata Jocelyn pada peluncuran aplikasi mobileLiveOlive, yang bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Rabu, 19 Desember 2012.

Kontrol perempuan pada keuangan rumah itu tidak hanya mencakup anggaran mendasar, tetapi juga konsekuensi dari perubahan gaya hidup, seperti mengganti kendaraan dan pengeluaran tersier lainnya.

Sejauh ini belum ada survei terbaru. "Masih sama, kok, bahkan trennya meningkat," kata Jocelyn.

Sayangnya, ia melanjutkan, kaum perempuan umumnya belum optimalmengakses panduan pengelolaan keuangan. "Kalau budgeting mendasar, secara genetik sudah bisa. Tapi, soal finansial, kini semakin kompleks," ujarnya.

Untuk keseimbangan pemasukan dan pengeluaran, menurut dia, perempuan sudah otomatis menjaganya. "Masalahnya perempuan sukashopping, jadi perlu lebih cermat. Belum lagi masalah investasi yang tepat," ujarnya.

Pambudi Sudirman, Apps Manager Samsung Electronics Indonesia, menambahkan, pada 2013 nanti, 87,1 persen keuangan rumah tangga dikontrol perempuan. "Makanya ada joke kalau suami itu singkatan dari semua uang milik istri," katanya.(Tempo.co)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AYAH ADIST - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger